Follow Me

Farmasi Itu Apa ?

Posted by Bobby Rahmansyah Sabtu, 09 Maret 2013 0 komentar


Apa sih Farmasi itu?

Farmasi adalah suatu bidang ilmu yang menitikberatkan pada sediaan-sediaan Farmasi. Tapi jangan mengira sediaan farmasi disini adalah macam-macam pil, kapsul, sirup dan sebagainya yang ada di apotek. Karena menurut UU no 36 tahun 2009 tentang kesehatan, sediaan farmasi adalah obat, bahan obat, obat tradisional dan KOSMETIKA. Kenapa saya menulis kosmetika dengan huruf capital? Karena sebagai pemberitahuan bahwa kosmetik yang banya digunakan di dunia ini adalah salah satu bidang keahlian Farmasi.

Pengertian obat disini juga bukan sesuatu yang hanya menyembuhkan kita dari penyakit. Tetapi juga semua bahan dan paduan bahan, termasuk produk biologi, yang mempengaruhi tubuh kita (UU no 36 tahun 2009). Jadi jangan salah paham jika anak Farmasi bisa membuat shampoo, sabun dan lotion anti UV karena memang zat-zat itu sangat mempengaruhi tubuh kita dan pemerintah mensahkan hal itu dalam sebuah undang-undang. Jangan salah paham juga jika anak Farmasi bisa bawa pulang narkotika seandainya itu adalah bahan untuk membuat obat.
  
Nah, jadi kesimpulannya adalah Farmasi adalah program studi yang mempelajari semua bahan kimia yang mempengaruhi tubuh. Disini terlihat perbedaan antara jurusan Kimia dan Farmasi. Kimia mempelajari bahan kimia secara umum dan Farmasi mempelajari bahan kimia yang mempengaruhi manusia.


n      Farmakologi adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan obat dengan seluruh aspeknya, baik sifat kimiawi, fisika, kegiatan fisiologi, resorpsi dan nasibnya dalam organisme hidup
n      Farmakognosi : cabang ilmu yang mempelajari sifat-sifat tumbuhan, mineral dan hewan yang merupakan sumber obat.
n      Biofarmasi : cabang ilmu yang mempelajari pengaruh pembuatan sediaan farmasi terhadap efek terapeutik obat.
n      Farmaceutical availability (ketersediaan farmasi) : ukuran waktu yang diperlukan oleh obat untuk melepaskan diri dari bentuk sediaannya dan siap untuk proses absorpsi.
n      Biological availability (ketersediaan hayati) : prosentasi obat yang diresorpsi tubuh dari suatu dosis yang diberikan dan tersedia untuk melakukan efek terapetiknya.
n      Therapeutical equivalent (kesetaraan terapeutik) : syarat yang harus dipenuhi oleh suatu obat yang meliputi kecepatan melarut dan jumlah kadar zat yang berkhasiat yang harus dicapai dalam darah
n      Bioassay : cara menentukan aktivitas obat dengan menggunakan hewan percobaan seperti kelinci, tikus, dll.
n      Farmakokinetik : segala proses yang dilakukan tubuh terhadap obat berupa absorpsi, distribusi, metabolisme dan ekskresi.
n      Farmakodinamik : mempelajari kegiatan obat terhadap organisme hidup terutama cara dan mekanisme kerjanya, reaksi fisiologi, serta efek terafi yang ditimbulkan.
n      Toksikologi : pengetahuan tentang efek racun dari obat terhadap tubuh.
n      Farmakoterapi : mempelajari penggunaan obat untuk mengobati penyakit atau gejalanya. Phytoterapi : menggunakan zat-zat dari tanaman untuk mengobati penyakit.
n      Farmakologi klinik : cabang farmakologi yang mempelajari efek obat pada manusia.



0 komentar:

Poskan Komentar

Daily Calendar

Traffic

Total Tayangan Laman

Bobby Rahmansyah